Selamat Datang Para Pengunjung Blog saya di fernandosetiarman@blogspot.com tempat share dan berbagi cerita , silahkan berkomentar ... Jangan Lupa Add Facebook saya di https://www.facebook.com/fernandosetiarman

Wednesday 13 December 2017

Membuat Efek Suara Percakapan Telepon

Membuat Efek Suara Percakapan Telepon




Tutorial audio editing kali ini saya akan membahas tentang cara membuat efek suara percakapan telepon pada file audio anda. Tips ini sangat cocok terutama buat anda yang sedang membuat sebuah video klip dengan adegan pemain sedang berdialog lewat telepon.

Software yang anda butuhkan adalah adobe audition jadul versi 1.5. Semua tutorial audio editing yang saya bahas di blog ini selalu menggunakan software ini... :D
Sebelumnya, kita harus mengenali dulu karakteristik suara di telepon. Umumnya suara di telepon itu didominasi oleh nada menengah (mid-range) dengan jangkauan nada sekitar 500Hz - 3.5kHz.

Nah, intinya kita harus bisa membatasi frekuensi suara yang normal (full-range) menjadi mid-range. Pakai graphic equalizer bisa, tapi menurut saya lebih efektif kita pakai FFT filter. Ikuti langkah-langkahnya:
1. Buka file audio anda dan seleksi bagian mana yang akan diberi efek suara telepon



2. Buka tab effects - filters - FFT filter


3. Inilah kotak dialog FFT filter. Disana sudah ada presetnya, anda tinggal pilih sesuai keinginan. Sebagai contoh saya pilih preset Telephone - voice mail.


Anda juga bisa mengatur sendiri filter dari preset dengan melakukan drag pada kotak-kotak putih yang terbentuk... :D
Tekan preview untuk mendengar efek dari settingan.
4. Klik OK dan efek suara telepon akan diterapkan ke area yang anda seleksi tadi.

Selain bisa memberi efek suara telepon, FFT filter ini juga bisa melakukan filter pada frekuensi-frekuensi lain seperti filter subwoofer only, tweeter only (bukan twitter.com.. :D), simulasi suara mastering, dll.
Silakan anda utak-atik sendiri efeknya dan anda akan mendapatkan ilmu baru dalam memanipulasi frekuensi audio.. :D
Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda.

TUGAS UNTUK KELAS XII TI UNTUK MATA PELAJARAN
MM 15 ( AUDIO )
UBAHLAH SUARA DALAM LINK INI.. MENJADI SUARA SEPERTI SEDANG MENELEPON, MENGGUNAKAN TUTORIAL DIATAS
KLIK DISINI !
ATAU
DISINI!

0 comments:

Post a Comment

 
Multicursor - Busy